Friday 20 February 2015

Tips Merawat laptop agar tidak cepat rusak dan bisa awet


Tips Merawat laptop agar tidak cepat rusak dan bisa awet
Cara merawat laptop/komputer agar tidak cepat rusak dan awet – Di zaman sekarang Laptop sudah bukan lagi menjadi barang langka bagi banyak kalangan, kalangan menengah atas ataupun menengah kebawa pasti sudah memiliki barang yang satu ini, laptop atau komputer memang sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak orang seperti membantu pekerjaan kantor, tugas sekolah atau tugas kuliah bisa juga di jadikan sebagai media hiburan di kala waktu luang.
Seiring banyaknya pengguna laptop banyak dari mereka tidak menyadari bahwa penting nya memberikan suatu perlakuan yang baik pada laptop, karena barang yang sensitive ini jika tak dirawat dengan baik akan menimbulkan kerusakan yang mungkin akan memakan biaya yang besar, semakin mahalnya laptop anda maka akan semakain mahal juga harga service laptop tersebut, itulah sebabnya anda perlu menyimak beberaa tips cara merawat laptop atau komputer anda agar tidak cepat rusak dan bisa awet, tips ini juga sangat berguna buat anda yang sedang menjalankan bisnis warnet (warung internat) beberapa tips dibawah ini adalah tips-tips yang umum dilakukan banyak pengguna laptop apa saja tips-tips nya? Simak tips berikut:

1. Memberisihkan CPU computer
Hal penting agar computer anda terus awat adalah dengan membersihkan CPU komputer anda dengan teratur dalam periode 6 bulan sekali, jika CPU anda tidak dibersihkan secara rutin maka akan membuat debu pada CPU akan menumpuk hal ini bakal memberikan resiko rusaknya temperature atau suhu pada komputer anda, Bagaimana cara membersihkannya? Sangat mudah sekali, Buka kesing CPU dengan obeng lalu bersihkan semua debu yang menempel pada CPU anda dengan Kuas yang halus, rutinlah melakukan pembersihan selama enam bulan sekali, jika anda tidak keberatan mungkin bisa 3 bulan sekali.
2. Jangan aktifkan internet ketika cuaca hujan
Jika cuaca sedang buruk hingga mengeluarakan petir, sebaiknya jangan mengaktifkan internet anda pengaruh petir akan sangat menggangu sistem komputer anda terutama pada jaringan, kalau bisa buat saja mode penerbangan.
3. Hapus / Uninstal program yang tidak terpakai
Software yang tak terpakai namun masih saja tersimpan di laptop/ komputer anda, ada baiknya untuk menghapus software tersebut, karena pada umumnya ruangan hardisk yang hampir penuh akan membuat sistem kerja komputer menjadi lambat, hingga membuat beban kerja  komputer akan semakin berat memungkinkan membuat komputer anda cepat rusak.
5. Matikan komputer sesuai aturan
Janganlah anda coba-coba mematikan komputer dengan cara mencabut baterai, mencabut kontak listrik secara tiba-tiba, atau menahan tombol power hingga secara cepat komputer anda redup, teratulah saat anda ingin mematikan laptop/komputer anda sehingga akan memperpanjang usia komputr anda, matikan komputer menggunakan pilihan shut down yang ada, atau jika anda menggunakan komputer anda terlalu lama restart terlebih dahulu lalu dimatikan.
6. Tidak meletakan laptop anda di sofa atau kasur
Fentilasi udara yang tertutup kain sofa atau kasur akan menyebabkan udara tidak bisa keluar dengan baik dan menyebabkan laptop overhead atau panas, usahakan meletakan laptop anda di tempat yang datar dan keras.
7. Menutup semua aplikasi sebelum dimatikan
Hal ini penting agar laptop/computer anda redup dengan baik tanpa menyimpan beban aplikasi.
8. jangan terlalu lama memakai
jika anda pekerja kantoran pasti laptop/computer sudah menjadi teman anda sehari hari jangan terlalu memaksakan laptop anda bekerja dari pagi hari hingga larut malam, perbiasakanlah untuk mengistirahatkan laptop selama 30 menit.
9. Jangan memainkan aplikasi yang berat
Laptop atau komputer yang hanya memiliki spek yang lemah janganlah anda coba-coba menginstal game dengan kinerja yang sangat berat, ini akan menyebabkan kerusakan yang cepat pada CPU anda.
10. Gunakan silikon pelindung keyboard
Gunakanlah silikon keyboard untuk melindungi masuknya debu pada key board anda.
11. jangan sembarang memasukan memori
Hal terpenting lainnya adalah anda harus memperhatikan komputer anda agar tidak sembarang mecolokan berbagai memori atau flash orang lain, waspadalah dengan virus-virus yang dapat merusak file-file atau sistem laptop/komputer anda.

ok, mungkin itu saja yang bisa daily blog bagikan hari ini ,Sekian artikel cara merawat lapto/computer agar tidak cepat rusak dan awet, semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment