Tuesday 17 February 2015

Kaca Pembesar yang mampu melelehkan Metal


Kaca Pembesar yang mampu melelehkan Metal
kaca pembesar lelehkan metal
Kaca pembesar atau banyak yang menyebutnya kaca ajaib pasti diantara anda masih mengingat benda yang satu ini benda yang biasanya kita mainkan dibawah sinar matahari sehingga menghasilkan sebuah cahaya yang panas, kaca pembesar juga sangat identik dengan para detektif untuk mencari jejak dan bukti bukti sebagai suatu upaya pemeahan masalah, Sebut saja inspektur gadget, conan, dan film-film detektif lainnya.

Terus apa fungsi sebenarnya dari Kaca pembesar ini? Kaca pembesar atau dalam bahasa fisikanya disebut Lup, ini berfungsi untuk melihat benda-benda yang kecil yang susah dilihat dengan mata telanjang, dalam kehidupa sehari-hari kaca pembesar ini banyak juga dipergunakan oleh tukang arloji (tukang service jam tangan) untuk meilihat komponen kecil dalam arloji saat proses perbaika, dalam praktikum biologi juga sering digunakan untuk melihat semut dan benda benda kecil lainnya, alat ini juga sering dimainkan anak-anak untuk mencoba membakar sebuah kertas, mungkin saja anda pernah memainkannya.

Namun seiring canggihnya dunia teknologi ada satu penemuan luar biasa yang berhubungan dengan kaca pembesar ini, jika sebelumnya kaca pembesar dapat membakar sebuah kertas kini kaca pembesar hasil ciptaan kevin moore da grant Reynolds ini bisa melelehkan bahan yang terbuat dari metal, ini dikarenakan kaca pembesar yang mereka ciptakan di buat dengan ukuran yang sangat besar, ini membuat suhu yang diperoleh sangat tinggi hingga 850 derajat Celsius, Untuk dapat membuktikan hal tersebut mungkin tak ada salahnya anda menonton videonya di youtube yang berjudul ‘Creating a sun-powered death ray’

Video yang merupakan karya dari science channel ini mendemostasikan sebuah kaca pembesar jumbo menggunakan lensa Fresnel, yang pada zaman dulu banyak di pasang pada layar televise, karena ukuran yang sangat besar alat ini dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang berbeda dari kaca pembesar yang biasanya kita lihat, mereka pun mengambil koin sebagai bahan percobaaan selang beberapa detik koin pun mulai melelh diatas paparan sinar matahari yang panas tersebut

Namun, rupanya upaya yang mereka lakukan ternyata gagal karena tujuan mereka adalah untuk melehkan perak silicon, benda ini membutuhkan panas mencapai 850 derajat selsius, itu artinya lup mereka belum mencapai panas yang memadai.

Ok guys sekian dulu Info hari ini semoga menmbah wawasan dan pengetahuan kepada anda sekalian yang masih gaptek! Mungkin suat saat nanti aka nada teknologi dimana kita bisa menggoreng diatas sinar matahari.. haha.. kita tunggu saja!

0 komentar:

Post a Comment