Wednesday 18 February 2015

Tips merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor


Tips merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor
Tips agar baterai laptop awet, tidak mudah bocor dan tidak cepat panas, tips agar laptop tahan lama– Baterai laptop merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada sebuah laptop, tanpa baterai laptop tidak akan bisa di gunakan diluar, tidak bisa dibawa kemana-mana, akibat tidak adanya listrik. Namun terkadang kita membutuhkan daya yang cukup lama untuk dipergunakan, namun baterai pada laptop anda tidak mampu atau tidak dapat memberikan performa yang optimal.

Penggunaan yang tidak benar atau asal-asalan akan memberikan dampak pada baterai laptop anda sehingga terjadi kebocoran, jika baterai laptop sudah bocor hilanglah sudah kesempatan anda untuk menikmati laptop di luar ruangan, Baterai yang bocor tidak akan bisa lagi menyimpan daya seperti sebelumnya, walaupun baterai sudah terisis penuh, kurang dari beberapa menit penggunaan pasti laptop anda sudah low bat lagi.
Nah, pada kesempatan kali ini daily blog ingin membagi tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor dan juga bisa tahan lama ketika digunakan, apa saja tips-tips nya? Simak tips berikut:

1. Menghentikan pemakaian ketika beterai berada dibawah 10%
Menggunakan baterai hingga listriknya ludes habis, bisa mengakibatkan melemahnya komponen power yang ada dalam beterai tersebut, inilah yang memebuat baterai cepat habis, untuk itu hentikan pemakaian ketika baterai berada di bawah 10%, kebiasaan buruk ini harus dihentikan untuk mencegah kerusakan baterai semakin parah.
2. Jangan pernah meletakan laptop di kasur atau sofa
Jangan pernah memainkan laptop di tempat-tempat tersebut, karena ruangan yang hampa sirkulasi akan memperhambat pembuanagn angina dari kipas processor  sehingga hal ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen laptop termasuk baterai, untuk itu tarulah di tempat yang keras dan mendatar seperti meja.
3. Cabut baterai ketika laptop tidak digunakan dalam waktu yang lama
Jika anda ingin keluar dengan waktu yang lama, ada baiknya baterai laptop anda cabut dan disimpan ditempat yang mempunyai udara yang sejuk.
4. Power management
Power management adalah fitur yang terdapat pada windows, pengguna terlebih dahulu harus paham dengan cara kerja fitur ini sehingga kita bisa mempergunakan fitur ini dengan bijak dan benar untuk menentukan kerja baterai laptop, fitur ini berfungsi agar daya tidak terbuang percuma ketika sedang tidak dipergunakan untuk beberapa saat, cara mengaturnya masuk ke Control panel > System and Security > Power Options > Change Olan Settings aturlah sesuai kebutuhan anda.
Tips merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor
5. Stop penggunaan berlebihan
Memaksa laptop membuka aplikasi yang terlalu berat juga akan sangat berpengaruh pada komponen computer anda, ini akan memaksa laptop bekerja lebih eksta untuk mengoptimalkan sebuah aplikasi, daya lah yang menjadi komponen yang harus bekerja keras sehingga baterai cepat habis, adapun game game yang berat seperti PES, FIFA, battlefield.
6. Lepas baterai ketika terhubung dengan adaptor
jika anda sedang terhubung dengan adaptor/ charge, ada baiknya anda mencabut baterai laptop anda, karena jika dibiarkan akan terjadi konflik arus listrik yang berakibat baterai akan bekerja 2 kali lebih besar, hal ini juga dapat mencegah baterai agar tidak cepat bocor, untuk itu jika anda menggunakan laptop hanya dirumah saja cabut saja baterainya.
7. Menggunakan baterai dan adaptor original
hasil yang optimal dan maksimal tentu akan kita dapatkan ketika kita menggunakan barang barang original dari laptop anda, jangan pernah berharap baterai atau charge akan bekerja maksimal jika yang anda gunakan bukan barang original.

Intinya untuk bisa membuat baterai anda tetap awet dan tahan lama adalah mengenai cara anda merawat, maka rawatlah baterai dengan baik agar bisa awet hingga waktu yang lama. Ok, sekian artikel ini semoga bermanfaat! mohon bantu share.

0 komentar:

Post a Comment