Friday 27 March 2015

5 kerusakan pada Komputer jika tidak di Shutdown


5 kerusakan pada Komputer jika tidak di Shutdown
5 kerusakan pada Komputer jika tidak di Shutdown – Apa yang anda lakukan ketika anda telah selesai menggunakan computer anda? Apakah dibiarkan begitu saja, mode tidur atau mode shutdown? Jika anda memilih shutdown maka perlakuan anda pada kamputer anda adalah tindakan yang benar dan tepat, mengapa saya bilang seperti itu? shutdown begitu penting pada komputer untuk membuat komputer anda beristirahan dari pekerjaannya, sehingga membuat seluruh sistem sistem pada komputer anda bisa awet dan tahan lama, namun menekan tombol shutdown juga ada aturannya dan harus dilakukan dengan benar, tindakan salah yang banyak orang lakukan adalah menekan dan menahan tombol shutdown hingga komputer mati secara tiba-tiba, untuk itu lakukanlah shutdown dengan benar.


Pada postingan saya terdahulu Tips Merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama kali ini kita akan membahas masalah mengenai betapa pentingnya tombol shutdown bagi kesahatan komputer anda, ketika kita keliru dan tidak perduli dengan komputer kita akan sangat berdampak pada umur dari komputer tersebut, salah satu kekeliruan kita yakni tombol shutdown, tidak mematikan komputer disaat tidak digunakan akan memiliki dampak yang tidak baik buat komputer, berikut hal yang akan terjadi dan kenapa shutdown penting dilakukan?
  1. Kerusakan Power Supply Komputer - Pada saat komputer anda di shutdown, processor akan memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan seluruh sistem pada komputer, sehingga daya atau listrik yang terpakai akan terputus secara Normal, berbeda dengan cara dimatikan secara tiba-tiba seperti (mencabut baterai atau menekan lama tombol shutdown) daya akan putus secara tidak normal, dan mengakibatkan kerusakan pada power supply.
  2. Kerusakan Processor, bahkan bisa gosong – Pada saat komputer di shutdown, fan komputer akan melakukan proses pendinginan dua kali lebih cepat, jika dibandingkan dengan mematiakan secara tidak normal fan komputer tidak akan bekerja secara normal, maka seiring berjalannya waktu kerusakan processor bisa lebih cepat.
  3. Memori RAM akan rusak – Pada saat proses shutdown, sistem memori RAM akan dikosongkan secara perlahan oleh komputer setelah RAM kosong barulah komputer akan Mati, maka ketika komputer dipasang kembali Memori RAM benar-benar dalam keadaan kosong atau refresh berbeda dengan proses shutdown yang tidak normal ini seperti membuat RAM terus bekerja walau sudah dimatikan maka besar kemungkinan menyebabkan kerusakan pada RAM komputer.
  4. Registri berantakan – Pada saat dimatikan komputer akan meregistrasi ulang komponen-komponen yang terpakai, software, serta data yang dihapus dan yang dipakai pada komputer, hal ini akan sangat baik agar ketika komputer dinyalakan kembali memungkinkan registry tetap tertata rapi, berbeda dengan ketika shutdown tiba-tiba komponen atu software serta data-data yang digunakan tidak dapat disimpa kedalam registry karena mati secara tiba-tiba tanpa perintah.
  5. Hardisk menjadi bad sector – Proses shutdown yang benar akan membuat komputer menyimpan semua proses yang terjadi diatas ke dalam hardisk komputer, bisa anda bayangkan jika hardisk tiba-tiba dimatikan maka kerusakan pada silinder hard disk atau biasa orang sebut bad sector kemungkinan lebih besar terjadi, jika sudah terjadi bad sector maka hard disk anda tidak dapat digunakan lagi untuk beberapa saat dan lama kelamaan akan mengalami kerusakan total, yang memungkinkan hard disk tidak bisa digunakan lagi.
Nah, sekarang anda sudah taukan bagiaman seharusnya memperlakukan komputer anda dan seperti apa kerusakan yang mungkin terjadi jika anda tidak menggunakan tombol shutdown dengan benar, untuk itu matikan komputer anda ketika sedang tidak dipergunakan agar dapat terhindar dari 5 penyakit komputer di atas, Ok sobat blogger sekian informasi singkan tentang “5 kerusakan pada Komputer jika tidak di Shutdown” semoga artikel ini bermanfaat.

2 comments:

  1. Komputer yang tidak di matikan sesuai prosedur memang bisa merusak komputer, dan harddisk sering menjadi korban utama. Karena saya pernah mengalami nya, maklum PC juga di pake anak2. kalau cuma bad sektor yang rusak masih di diperbaiki tapi kalau track 0 yang rusak obatnya ya lembiru gan, hahah.....btw salam kenal dan thanks udah mampir ke blog ane.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama gan makasih juga atas kunjungan baliknya, salam kenal juga.

    ReplyDelete